PAREPARE, – Sebanyak 300 peserta Calon Mahasiswa Baru (Maba) Institut Tekhnologi Bacharuddin Jusuf Habibie, mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun ajaran 2022 – 2023.

Ujian berbasis komputer ini mulai dilaksanakan di Kampus ITH Parepare, pada Senin 11 juli hingga Selasa 12 Juli 2022.

Wakil Rektor Bidang Akademik ITH, Dr Eng Armin Lawi menjelaskan, bahwa UTBK ini merupakan sejarah bagi ITH sendiri dan Pemerintah Kota khususnya masyarakat Parepare.

“UTBK ini kita laksanakan secara lokal di Kota Parepare dengan dua hari pelaksanaan. Dan satu hari dilaksanakan dalam 2 sesi, satu sesi ada 75 peserta ujian, jadi ada sekitar 300 peserta ujian,”Jelas Dr Armin Lawi.

Lanjut Armin, hampir 90 persen peserta didominasi oleh wilayah Ajatappareng dan sekitarnya. Namun dalam ujian ini hanya diikuti oleh 300 peserta.

Ia menyebut, bahwa beberapa peserta diantaranya berasal dari Balikpapan, Makassar, bahkan Tasikmalaya hingga Merauke tidak dapat mengikuti ujian tersebut karena lokasi ujian yang berada di Kota Parepare.

“Ada juga beberapa diantaranya berasal dari Balikpapan, Makassar. Dan banyak diantaranya sudah kami hubungi, ada Tasikmalaya, Pasuruan ada dari merauke, dan tidak bisa datang karena terkendala di lokasi tempat ujian. Untuk mengantisipasi hal itu, dan ITH itu bervariasi agar tidak didominasi oleh peserta ujian lokal atau dari parepare saja, mungkin kita rencanakan kegiatan ujian secara online,”tandasnya.(Tyq)