PAREPARE, – PT Telkom Indonesia melakukan Audiens dengan Pemerintah Kota Parepare dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Audiens tersebut diterima Sekretaris Dinas Kominfo, Haryanto Chairun dan didampingi Kepala Bidang Persandian dan Statistik Muhammad Yusni dan Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Goverment, Ekanuansa Askar Habib dan beberapa staf Dinas Kominfo, yang diterima di Ruang Kepala Dinas, Selasa kemarin.

Project Leader Satu Data PT Telkom Indonesia, Achef Arna Khidmat, mengatakan bahwa PT telkom Indonesia akan berkolaborasi Pemerintah Kota Parepare dalam rangka membantu percepatan implementasi satu data indonesia, sesuai Perpres Nomor 39 Tahun 2018.

“Jadi Telkom disini mencoba membantu pemerintah menyediakan satu data indonesia dalam bentuk platform. Platform bisa menyatukan semua aplikasi dan kita bergandeng tangan dengan seluruh kadis, khususnya kadis kominfo sebagai wali data untuk membangun satu data di parepare,”Jelas Achef.

Sesuai dengan Perpres 39 kata Achef, bahwa ada 4 ciri-ciri yang harus dipenuhi supaya data di indonesia bisa terintegrasi dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat, dan dapat membantu kepala daerah dalam mengambil keuputusan.

“Kami tidak hanya menyediakan aplikasi. Aplikasi yang ada nantinya membantu mewujudkan satu data indonesia,”tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Amarun Agung Hamka, melalui Kepala Bidang Persandian dan Statistik Muhammad Yusni, menjelaskan bahwa PT Telkom Indonesia telah memperkenalkan salah satu aplikasi yang tentang big data pengolahan data secara sistematis yang mungkin bisa dibituhkan oleh Pemerintah Daerah terutama untuk terciptanya satu data Indonesia.

“Kita berharap pengembangan satu data ini lebih baik. Karena apa yg ditawarkan oleh telkom ini sudah sangat baik karena memang telah digunakan oleh beberapa kota-kota besar dan perusahaan besar. Saya kira ini hal yang patut kita respon dengan baik dan mudah-mudahan bisa segera hadir di parepare untuk satu data indonesia,”pungkasnya.(Tyq)