PAREPARE — Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Parepare diresmikan, Jumat, 19 Agustus 2022. Secara serentak diresmikan empat MPP di Sulawesi Selatan, yakni Parepare, Maros, Pinrang, dan Bantaeng.

Peresmian dipusatkan di Maros, yang dihadiri langsung Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Prof Mahfud MD, sementara di tiga daerah dilakukan secara virtual.

Di Parepare hadir Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik KemenPANRB, Yanuar Ahmad, yang didampingi Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad mewakili Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe saat peresmian MPP.

Yanuar Ahmad dalam kesempatan itu mengapresiasi hadirnya MPP sebagai wujud komitmen Pemerintah untuk melayani masyarakat Parepare, agar lebih cepat terjangkau, aman, dan nyaman.

“Saya rasa Parepare ini sangat potensial juga dengan semangat dari Habibie. Ini perlu, karena Habibie punya unggulan di teknologi, jadi bisa bekerjasama memanfaatkan kemajuan teknologi. Memang cukup besar (MPP Parepare) dibandingkan di tempat lain, tapi penggunaan teknologi saya rasa itu yang ke depannya harus seperti itu,” pesan Yanuar.

Yanuar mengemukakan, peresmian empat MPP serentak di Sulsel ini baru pertama kalinya. Karena itu merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi dalam penyelenggaraan MPP serta dapat menjadi percontohan bagi daerah lainnya.

“Saya rasa di sini bisa. Dengan kerja sama yang baik, kolaborasi, komitmen bersama dengan perguruan tinggi atau swasta, itu bisa melayani masyarakat lebih baik dan lebih cepat,” harap Yanuar.

Sementara Sekda Kota Parepare Iwan Asaad mengungkapkan, kehadiran MPP merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Pusat terhadap keinginan daerah untuk mengembangkan MPP yang ada di Parepare. Itu agar masyarakat dapat merasakan bahwa Pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mendekatkan dan mempermudah pelayanan.

“Dengan kehadiran Bapak Asdep (Asisten Deputi) merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Pusat terhadap keinginan dari daerah untuk mengembangkan Mal Pelayanan Publik yang ada di Parepare,” ungkap Iwan.

Iwan menekankan, Pemkot Parepare terus berkomitmen untuk mengembangkan MPP dengan menarik jenis-jenis pelayanan yang masih berada di luar untuk berkolaborasi bergabung dalam MPP Parepare.

Saat ini pelayanan yang terintegrasi dalam MPP Parepare di antaranya Perbankan (Bank Sulselbar), BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, administrasi kependudukan (Dinas Dukcapil Parepare), layanan Dinas PUPR Parepare, layanam imigrasi, layanan Kemenag Parepare, layanan kepolisian (Polres Parepare), Kemenhub, hingga pembayaran pajak, PBB (BKD Parepare).

Turut hadir dalam peresmian MPP Parepare, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Parepare, Hj St Rahmah Amir beserta jajaran, para pejabat lingkup Pemkot Parepare, semua instansi dan stakeholder terkait. (hms/propim)