PAREPARE — Kini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal di Kota Parepare punya tempat berjualan yang lebih elegan di sekitar area Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepare. Tempat jualan itu adalah boks kontainer yang berderet rapi di area stadion. Kontainer itu berjumlah 12 buah.

Itu tampak saat pertandingan BRI Liga 1, antara PSM Makassar melawan Arema FC di Stadion GBH Parepare, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Keberadaan kontainer ini membuat penataan UMKM lebih baik dan terkesan lebih berestetika. Pemerintah Kota Parepare sengaja memfasilitasi UMKM dengan menyiapkan boks kontainer tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Parepare, Basuki Busrah mengatakan, kontainer ini disiapkan untuk memfasilitasi UMKM, agar nilai estetika, kerapihan, dan keindahan tampak di area stadion saat PSM bertanding.

“Jadi ada semacam kesamaan, baik bentuk, tampilan dan teknik menjual, supaya mereka mengetahui bagaimana menjual dengan baik, menciptakan atmosfer kuliner yang menarik,” kata Basuki.

Sesuai rencana awal, Pemkot Parepare melalui Dinas Tenaga Kerja telah menyiapkan 12 unit kontainer dan selanjutnya akan ditambah jumlah kontainer sesuai dengan jumlah UMKM yang siap berusaha di area stadion.

“Ini adalah kontainer yang tadinya terbengkalai, kemudian kita revitalisasi, kita perbaiki, kita cat, dan dipindahkan ke sini,” ungkap Basuki.

Tahap awal ini, kata Basuki, Pemkot Parepare tidak membuka pendaftaran UMKM, namun telah melakukan assesment yang berkolaborasi beberapa organisasi bisnis seperti TDA, Dekranasda, dan PKK untuk melihat kemampuan dan kapasitas serta kapabilitas demi mendongkrak perekonomian Parepare.

“Ke-12 kontainer ini diperuntukkan bagi UMKM yang bisa menjadi pionir awal. UMKM ini bukan baru muncul, tapi memang sudah eksis sebelumnya. Jadi mereka akan menjadi contoh menetapkan standar tertentu untuk menciptakan atmosfer kuliner di Stadion GBH,” tandas Basuki. (hms/propim)