PAREPARE — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menerima audiens pengurus cabang (Pengcab) olahraga di bawah naungan KONI Parepare yang tergabung dalam Forum Pengcab Olahraga Parepare.

Audiens yang berlangsung di Ruang Rapat Wali Kota Parepare, Senin, 22 Agustus 2022, berlangsung cair, dengan membahas pembinaan olahraga di Parepare, bagaimana kemitraan KONI dengan Pemkot Parepare, hingga persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel 2022 di Sinjai dan Bulukumba.

Dalam audiens, Taufan Pawe (TP) menekankan, KONI adalah mitra Pemkot Parepare dalam pembinaan keolahragaan. Dan Pemkot Parepare komitmen dalam pembinaan keolahragaan, terbukti tren dana hibah melalui KONI meningkat dari tahun ke tahun.

“Saya komitmen dan menyemangati atlet-atlet untuk berprestasi dengan pemberian dana hibah yang meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ini saya sudah tanda tangan Rp1 miliar (pencairan) dari Rp3 miliar dana hibah. Tersisa Rp2 miliar, apakah itu cukup untuk Porprov, ini yang harus kita kaji komprehensif,” ungkap Taufan Pawe

Taufan Pawe juga sudah mendapat laporan tentang kemunduran Ketua KONI Parepare, Dr Parman Parid, dan saat ini digantikan oleh Plt Ketua KONI, Dr Muh Nashir. Namun Taufan Pawe meminta agar itu jangan menjadi penghambat prestasi atlet di Porprov.

Konsep kebersamaan harus dikedepankan dalam menghadapi event-event besar seperti Porprov. Dia mencontohkan konsep kebersamaan SKPD Pemkot Parepare dalam menjadikan Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) berstandar Liga 1, yang kini jadi markas PSM Makassar bertanding.

Karena itu, Taufan Pawe meminta pasca audiens ini harus ada pertemuan komprehensif yang menghadirkan KONI, Pengcab Olahraga, SKPD terkait, dan seluruh stakeholder keolahragaan untuk membahas langkah-langkah tindak lanjut memastikan persiapan menghadapi Porprov berjalan baik.

“Harus selesai secepat mungkin demi menyongsong Porprov. Karena kita komitmen membawa Parepare kembali sukses berprestasi di Porprov,” tegas Dewan Pengawas APEKSI ini.

Audiens itu turut dihadiri Inspektur Parepare, HM Husni Syam, Asisten I Hj St Amina Amin, Asisten II Hj Suriani, Asisten III Eko W Ariyadi, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka, hingga Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Parepare, H Jamaluddin Achmad.

Sementara Forum Pengcab Olahraga yang hadir di antaranya Koordinator H Basri, Fadly Agus Mante, dan beberapa Pimpinan Pengcab lainnya. Ada 21 Pengcab Olahraga yang tergabung dalam Forum Pengcab ini, dari 31 Pengcab anggota KONI Parepare. Menjadi catatan, ada 23 cabang olahraga Parepare yang lolos ke Porprov 2022 di Sinjai dan Bulukumba, meningkat dibanding Porda (Porprov) 2018 Pinrang yang hanya 17 cabang olahraga. Itu dengan kekuatan atlet yang lebih besar juga. (hms/propim)