PAREPARE, – Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Parepare, menggelar Laboratorium Politik tingkat Nasional dengan mengangkat Tema “Pemuda Politik Dan Masa Depan Indonesia”

Kegiatan tersebut menghadirkan Narasumber Istri Walikota Parepare yang juga selaku Ketua DPD II Partai Golkar Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan yang dilaksanakan di Gedung Baruga Pratistha Kota Parepare, Selasa 23 Agustus 2022.

Hj Erna Rasyid Taufan usai membawakan materi mengatakan, berbicara tentang politik tidak hanya dilakukan oleh kalangan politisi, pemerintah atau para birokrat saja namun semua lapisan masyarakat termasuk peran perempuan dalam dunia politik.

“Kita perlu me rekonstruksi pemahaman kita tentang bagaimana peran perempuan dalam membangun suatu peradaban,”Jelas Erna.

“Misalnya dia terjun dalam dunia politik seperti apa seorang perempuan. Karena kehidupan kita itu tidak akan pernah jauh-jauh dari politik,”tambahnya.

Ia juga menekankan kepada adik-adik Mahasiswa yang tergabung dalam HMI ini, bahwa memaknai dalam menyikapi suatu aturan, tentunya harus mengutamakan Sami’na Wa Atho’na bukan Sami’na Wa’asoina.

“lmu Allah yang tidak terbatas. Yang penting dalam memaknai dalam menyikapi suatu aturan dari Allah terutama dari Al Quran itu, tentunya kita harus Sami’na Wa Atho’na bukan Sami’na Wa’asoina. Sami’na Wa Ato’na itu ketika kita mendengarkan ayat Al Quran dibaca kita harus taat walaupun tidak suka. Bukan sami’na wa’asoina, kami dengarkan lalu kami durhakai,”pesannya.

Sementara Ketua HMI Cabang Parepare, Jafar As Siddiq mengatakan, HMI Cabang Parepare mengundang Ketua DPD II Golkar Parepare ini lantaran tertarik dengan gagasan-gagasan beliau yang merupakan salah satu tokoh muslimah Sulsel dan merupakan Ketua Partai Politik perempuan.

“Tentu apa yang kemudian menjadi problem kita hari ini adalah, semakain kecilnya peran perempuan dalam panggung politik. Dan Ibu Wali bisa hadir dan menunjukkan bahwa politik bagi perempuan itu adalah hal yang bisa untuk dikerjakan. Artinya sekat yang selama ini itu dijawab oleh Ibu Wali,”ujarnya.(Tyq)