PAREPARE, – Pemerintah Kota Parepare optimis, penurunan kasus stunting hingga 14 persen yang ditargetkan oleh Pemerintah pusat pada 2024 mendatang, dapat tercapai.

Menurut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Parepare, Halwatiah, saat ini Pemerintah Kota terus melakukan upaya, termasuk menerbitkan Peraturan Walikota Nomor 45 Tahun 2022, tentang percepatan penurunan stunting.

Dengan adanya Perwali yang merupakan turunan Peraturan Presiden kata Halwatia, dapat menjadikan sebagai pedoman untuk menyusun berbagai kegiatan atau program stunting, yang terintegrasi antara lintas sektoral dengan SKPD dalam melaksanakan pekerjaan program stunting.

“di dalam Perwali tersebut, terdapat tim tugas yang terlibat beberapa SKPD, yaitu Dinas Kesehatan, DPPKB, DLH, Dinas Ketahanan Pangan, dan PDAM. Saya kira ini diterbitkan sebagai acuan, pedoman kita untuk melaksanakan program penurunaan stunting. Dimana setiap dinas tentu sudah mempunyai tupoksi masing-masing untuk bisa bekerja sesuai perwali tersebut, “Pungkas Halwatia.

Berdasarkan data per Agustus Tahun 2022, lanjut Halwatia, parepare potensi stunting dengan jumlah anak sebanyak 1009 atau 13,78 persen dari total sasaran yang ada di Kota Parepare.

“target provinsi 14% di 2024, kita sekarang sudah berada di 13 persen. Sesuai harapan walikota, agar semua lintas sektoral bekerja dengan baik, bekerjasama dengan tim sesuai dengan tupoksi masing-masing, agar penurunan angka stunting kita bisa capai. jangankan 14 persen di tahun 2024, mungkin insya allah kami optimis bisa mencapai 10 persen sesuai dengan harapan Walikota Parepare, “tandasnya.(TyQ)