Wali Kota Parepare DR.HM Taufan Pawe menerima penghargaan dari GAKKEN HOLDINGS dan GAKKEN EDUCATIONAL beberapa waktu lalu di Jepang.
Penghargaan ini di berikan Presiden Direktur Gakken Holdings Miyahara Hiroaki dan Presiden Direktur Gakken Educational Co.Ltd, Tsuchiya Toru kepada Walikota Parepare atas komitmennya dalam menerapkan Gakken After Scholl di 80 Sekolah Dasar di kota Parepare.
Gakken After School merupakan program kerjasama antara Pemerintah Kota Parepare dan Perusahaan asal Jepang dalam menerapkan pendidikan Karakter di Kota Parepare.
Perwakilan Perusahaan Jepang, Gakken Coorp, Abe Kazuya mengungkapkan, bahwa program Gakken After School ini kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan program andalan Gakken mulai diterapkan pada tahun 2016 yang lalu.
Program ini diberikan kepada anak sekolah dasar untuk memberikan pengetahuan tambahan mengenai Pendidikan Matematika dan pendidikan karakter.
Abe menuturkan, jika program ini pertama kali diterapkan di Indonesia bahkan di dunia.
“Negara partner kami, Cina, Korea, dan India juga tertarik program Gakken After School yang sudah diterapkan Di Parepare ini dan program ini merupakan program pertama di dunia ,”jelasnya.
Ia menambahkan, pihaknya optimis Kota Parepare akan menjadi percontohan daerah lain dalam peningkatan mutu pendidikan ini.
Satu-satunya di Dunia.
Sementara itu, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe saat ditemui diruangannya mengatakan, ini pertama kalinya Gakken mengeluarkan penghargaan, dan itu diberikan kepada Parepare.
“Gakken After School ini adalah program andalan Gakken Holding. Ini sudah tahun ketiga diterapkan di Parepare. Dan itu sudah mencakup 80 sekolah di Parepare. Bahkan itu tercantum di penghargaan yang saya terima,” ungkap Taufan Pawe, Senin, 11 Februari 2019.
Taufan mengapresiasi penghargaan ini dan berharap menjadi pemicu menuju Parepare kota industri tanpa cerobong asap dalam bidang pendidikan.
“Ini bukti bahwa kita tidak tinggal diam menyikapi peningkatan kualitas anak didik kita. Intinya ini kita apresiasi tinggi untuk peningkatan SDM pendidik kita agar serapan anak didik lebih baik,” imbuh Taufan.
Atas capaian penghargaan ini, Taufan mengingatkan kepada para pendidik bahwa ini era digital, jadi jangan berpikir konvensional.
“Hati-hati ada android di tangan anda. Gunakan dengan baik. Ini era IT, era digital, jangan berpikir konvensional sehingga nanti outputnya lebih baik,” tandas wali kota bergelar doktor hukum ini
Taufan Pawe menambahkan penerapan Gakken After School ini sangat memuaskan karena betul betul membentuk karakter anak didik sejak dini.
Melalui Gakken After School ini, kata Taufan, bisa menekan budaya mencontek karena program ini menekankan pembentukan kakrater anak.
“saya mau orang tua murid percaya bahwa kami tidak tinggal diam untuk meningkatkan kemampuan anak didik kita,”jelas Taufan.