SEMARANG – setelah masuk pada TOP 99 Inovasi Layanan Publik, Call Centre Ternak inovasi Pemkot Parepare melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) optimis bisa menembus Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2019.
Langkah ke arah itu terbuka lebar menyusul apresiasi yang besar dari Kemenpan-RB yang menyampaikan inovasi Callnak Centre memiliki asas manfaat yang sangat besar kepada masyarakat.
Hal ini diungkap Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe usai menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada Awarning Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019 di Hotel Gumaya Tower, Semarang, Jawa Tengah, Kamis malam, 18 Juli 2019.
“Sangat terbatas yang dapat penghargaan ini. Dari 3.000 inovasi seluruh Indonesia, hanya 99 yang lolos. Dan kami optimis Callnak Centre akan tembus Top 45 Inovasi,” kata Taufan Pawe yakin.
Menurut Taufan, inovasi Callnak Centre mampu menyisihkan ribuan inovasi lainnya karena penyelenggara melihat aspek asas manfaatnya.
Callnak Centre langsung menyentuh kepentingan masyarakat, sementara inovasi lainnya lebih banyak pada sistem. Program Callnak Centre ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Callnak Centre ini adalah langkah cepat sebelum 15 menit ditangani hewan ternak warga. Bahkan kita sudah sampai pada asuransikan hewan ternak masyarakat,” ungkap Taufan.
Atas prestasi ini, Taufan inginkan Callnak Centre mendapat perhatian lebih. Dia sudah meminta Dinas PKP menganggarkan pengadaan dua unit mobil armada Callnak Centre agar petugas dapat mobile melayani masyarakat.
Menteri PAN-RB Syafruddin yang menyerahkan penghargaan mengatakan, pelayanan harus cepat, mudah, murah dan aksesbilitas yang tinggi. Karena itu, Menpan-RB mendorong inovasi daerah diadopsi menjadi program nasional.
Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selaku tuan rumah menekankan, sekarang ini harus inovasi untuk memenuhi ekspektasi masyarakat yang sangat tinggi. “Layanan masyarakat harus lebih mudah memanfaatkan era digital,” tandas Ganjar.