PAREPARE – Pelabuhan Nusantara Kota Parepare kembali kedatangan sekitarĀ 287 TKI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menumpang KM Thalia Express dari Pelabuhan Nunukan, Kalimantan Utara, Jumat, 3 Juli 2020.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare menyambut dan menangani ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) deportan dari Tawau, Malaysia dengan menerapakan protokol kesehatan yang ketat.

Dari 287 TKI itu, 188 di antaranya warga Sulsel, dan 2 orang merupakan warga Parepare.Kondisi para TKI aman dan sehat.

Wali Kota Parepare yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengatakan, penanganan yang baik oleh Pemkot/Gugus Tugas bersama tim terpadu dan otoritas pelabuhan menunjukkan kesigapan Parepare.

“Alhamdulillah, 287 Pekerja Migran dari Malaysia sudah kembali ke Tanah Air, dua orang di antaranya merupakan warga Kota Parepare,” ungkap Taufan Pawe.

Pemerintah Kabupaten/Kota asal para PMI telah menjemput langsung di Pelabuhan Nusantara Parepare, sementara yang berdomisili di luar Sulawesi Selatan, Pemkot telah berkoordinasi dengan BP2MI Makassar. “Khusus dua warga Kota Parepare, mereka telah menjalani berbagai pemeriksaan dengan protokol kesehatan yang berlaku. Setelah itu, mereka diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri yang akan diawasi oleh RT/RW di tempat tinggal masing-masing,” kata Taufan Pawe