PAREPARE – Inovasi Pemerintah Kota Parepare tidak hanya mengedepankan kemudahan  pelayanan publik kepada masyarakat di bidang pemerintahan.

Tetapi juga menyasar pelayanan Masyarakat di bidang keagamaan.

Masjid Binalipu Kota Parepare yang berada dalam kompleks Kantor Walikota Parepare menerapkan sumbangan berbasis Online.

H.Iwan Asaad Sekretaris Daerah Kota Parepare menginisiasi hadirnya “Celengan online ” layanan Sumbangan di Masjid Binalipu.

Abd. Waris, Kepala Bagian Kesra mengatakan hadirnya Celengan Online ini akan memberikan kemudahan bagi jamaah yang ingin menyumbang di Masjid

Melalui jaringan internet atau online  jamaah yang ingin mengisi celengan masjid tidak harus hadir di Masjid lantas mengisi celengan  tetapi celengan Masjid dapat diisi  melalui aplikasi Dompet Digital atau E-Wallet seperti LinkAja, OVO, GoPay dan DANA.

Jamaah tinggal masuk ke dompet digital yang dimiliki, misalnya Ovo, Gopay, Link Aja, Dana. Setelah menscan kode dan memasukkan nominal sedekah, sumbangan tersebut akan langsung tertransfer ke rekening Masjid Binalipu Kota Parepare.

Dengan adanya inovasi ini jamaah bisa kapan dan dimana saja dapat mengisi celengan masjid.

Melalui aplikasi, jamaah masjid tinggal melakukan scan barkode yang tertempel di pintu Masjid.

Abd  Waris Muhiddin, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kota Parepare mengharapkan barcode ini dapat terisosialisasikan agar semakin banyak jamaah masjid yang menyumbang sebagai tabungan akhirat kelak.

Inovasi celengan online ini disamping menjamin keamanan kotak amal Masjid dari pencurian, juga secara tidak langsung telah menerapkan protokol kesehatan covid 19 dengan tidak melakukan transaksi secara tunai.

Kehadiran Celengan Online ini merupakan salah satu perwujudan Parepare menuju konsep smart city.

Beberapa waktu yang lalu Walikota Parepare HM.Taufan Pawe, mengharapkan Parepare menjadi Kota Smart City dan di Tahun 2020 Taufan Pawe ingin menjadikan Parepare Sebagai Kota BJ. Habibie yang maju.