PAREPARE, – Wali Kota Parepare DR. HM.Taufan Pawe,SH.MH menerima audiens Kepala Kantor Basarnas Makassar, beserta rombongan di Ruang Rapat Walikota, Jumat (7/5/2021).

Audiensi itu dimaksudkan untuk mendirikan Pos Unit Basarnas di Kota Parepare, sebagai upaya tanggap bencana di wilayah Ajatappareng dan sekitarnya.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, mengaku menyambut baik keinginan Basarnas untuk mendirikan pos unit di Parepare.

“Kita sambut baik kehadiran Pos Basarnas dan ini sangat ideal, tentu kami partisipasi karena ini demi kemanusiaan,” ujar Taufan Pawe.

Terkait dengan lokasi pos Basarnas, kata Taufan Pawe, alternatifnya yaitu pemanfaatan gedung UMKM yang berada di pesisir Pantai Mattirotasi.

Menurut Walikota dua periode itu, Gedung UMKM merupakan bangunan permanen dengan kontruksi yang baik, hanya saja masih perlu sedikit dibenahi lantaran selama ini tidak terurus.

“Saya minta bagian aset urus proses pinjam pakai Gedung UMKM agar dijadikan sebagai pos Basarnas. Adapun jika kedepan mau dipermanenkan, maka akan dikonsultasikan dengan BPKP,” jelasnya.

“Ini merupakan wujud komitmen kita bahwa Parepare buka diri untuk kerja sama dengan Basarnas dalam misi kemanusian,” tambah Walikota berlatar belakang doktor hukum itu.

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Djunaidi, menyampaikan terimakasih kepada Pemkot Parepare telah menyiapkan lokasi di pesisir pantai sebagai Pos Unit Basarnas.

“Jika Pos ini telah terbentuk, maka kita akan turunkan beberapa peralatan berat, termasuk kapal Basarnas,” tandasnya.

Dalam Audiens ini, Wali Kota Parepare, turut didampingi Asisten Bidang Pemerintahan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSU.Andi Makkasau, dan Kepala Pelaksana BPBD.