JAKARTA, –  Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe sebagai Dewan Pengawas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menghadiri  Rapat Koordinasi APEKSI dan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) di Jakarta, Senin, 31 Mei 2021.

Wali Kota bergelar doktor ilmu hukum itu di hadapan para pengurus APEKSI dan APKASI menyuarakan pentingnya peranan dan penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

“Dalam setiap kesempatan, saya selalu menyuarakan eksistensi APIP. Mari kita berkomitmen bersama-sama memperjuangkan MoU eksistensi APIP. Ini adalah permasalahan yang substantif yang harus fokus kita perjuangkan,” ujar Taufan Pawe di hadapan para Bupati dan Wali Kota anggota APKASI dan APEKSI.

Taufan Pawe mengemukakan, gangguan-gangguan eksternal yang kerap menghambat percepatan birokrasi itu karena eksistensi APIP yang masih lemah.

“Jika APIP kuat, kita akan menjadi kepala daerah andal dan tidak akan terganggu, dan pada akhirnya kita menjadi Wali Kota atau Bupati yang visioner,” tegas Wali Kota Parepare

Rakor di Jakarta ini, dihadiri Ketua APEKSI Bima Arya Sugiarto yang merupakan Wali Kota Bogor, dan Ketua APKASI Sultan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat.